Study Komprehensif Tim Keamanan Pangan Puskesmas dan Dinas Kesehatan Kabupaten Wonosobo ke Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman, Provinsi DIY

Pada hari Selasa tanggal 16 Juli 2019 telah diadakan Study Komprehensif  Tim Keamanan Pangan Puskesmas dan Dinas Kesehatan Kabupaten Wonosobo ke Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman, Provinsi DIY.

Kabupaten Sleman mencanangkan sebagai kabupaten SMART REGENCY, dengan pelayanan kepada masyarakat berbasis Teknologi Informasi (IT)

Tenaga DFI (District Food Inspector) Puskesmas dan Dinkes belajar mengenai pengelolaan Keamanan Pangan di Kabupaten Sleman yang meliputi Pelayanan Perizinan Depkes PIRT berbasis IT, Program Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS), Sertifikasi Higiene Sanitasi Kantin Sekolah, Restoran dan Penjual Pangan serta Stickerisasi Pegadang Asongan dan PKL (Pedagang Kreatif Lapangan).

Kegiatan ini dipimpin oleh Kabid. Pelayanan dan SDK Dinkes Kab. Wonosobo Bp. Sudarwoto, SKM, MM dan diterima dengan baik oleh Bapak Sekretaris Dinkes Kab Sleman dr. Cahya Purnama, M.Kes dan Ibu Kabid. SDK drg. Atikah Nurhesti.

Keunggulan Kabupaten Dalam penanganan Keamanan Pangan adalah pada Keunggulan IT dan Penanganan Komprehensif dengan melibatkan lintas sektor dalam mengendalikan masalah keamanan pangan. Untuk menaungi hal tersebut Dinkes Kab. Sleman telah memiliki Payung Hukum berupa Perbup. No. 108 Tahun 2016 tentang Higiene dan Sanitasi Pengelolaan Pangan.

Acuan untuk perbaikan pelayanan dan pengelolaan keamanan pangan mengacu pada Pemkab Sleman meraih penghargaan Predikat Kepatuhan Tinggi dalam Penilaian Kepatuhan Standar Pelayanan Publik yang diadakan oleh Ombudsman RI. Dari 56 produk layanan administrasi yang ada di Sleman diperoleh nilai 83,99 dan masuk Zona Hijau dengan Predikat Kepatuhan Tinggi, diterima di Ombudsman RI, 10 Desember 2018.

Disamping itu, Pasar Sambilegi, Maguwoharjo telah ditetapkan sebagai Pasar Aman BPOM sejak 2013 oleh Badan POM RI berupa BPOM Awards bidang Pangan pada tahun 2015 berkat upaya pengawasan dan pembinaan produksi dan distribusi pangan secara sinergis yang telah dilakukan bersama antara Pemerintah kabupaten Sleman dengan Badan POM , dengan melibatkan asosiasi, Perguruan Tinggi dan organisasi profesi.

Study komprehensif dilanjutkan di 2 lokasi industri Rumah Tangga Pangan (IRTP) di WIlayah Sleman yaitu Bakpia Tiban 454 dan Khansa Food Fish Industry yang akan menjadi raw model Tim Keamanan Pengan Kab. WOnosobo dalam membina wilayah di kecamatan masing-masing.

KOMENTAR

Daftar Komentar

Pengumuman

Pengumuman

Ini adalah website resmi Dinas Kesehatan Kabupaten Wonosobo 

Statistik Pengunjung

Kami mengatakan tidak untuk

  • Korupsi
  • Pungli

Kontak Kami

Jl. T.Jogonegoro 2-4, Jaraksari, Kec. Wonosobo, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah 56311
Phone: (0286) 321033
Email: dinkes@wonosobokab.go.id
Website: https://dinkes.wonosobokab.go.id