A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: fopen(/var/lib/php/sessions/ci_session548a7d9c757e8f29cc453a6988b08f31cfbe6945): failed to open stream: No space left on device

Filename: drivers/Session_files_driver.php

Line Number: 156

Backtrace:

File: /home/opd/application/controllers/Postings.php
Line: 8
Function: __construct

File: /home/opd/index.php
Line: 292
Function: require_once

Dinas Kesehatan Kabupaten Wonosobo

PELAKSANAAN KEGIATAN OPERASI PASAR DALAM RANGKA PENGAWASAN KEAMANAN PANGAN PRODUK MAKANAN MINUMAN SELAMA RAMADHAN DAN MENJELANG HARI RAYA IDUL FITRI 1443 H

Hai, Sobat Sehat!

Tahukah kalian kalau Dinas Kesehatan juga melakukan pengawasan keamaman pangan produk makanan dan minuman loh! Salah satu kegiatan rutin terkait pengawasan keamanan pangan yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Wonosobo selama Bulan Ramadan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri adalah Operasi Pasar. Tujuan dari kegiatan ini sendiri adalah sebagai upaya pengawasan Keamanan Pangan produk makanan minuman olahan yang beredar di masyarakat. Kegiatan ini adalah kolaborasi antara Tim Keamanan Pangan Dinas Kesehatan, UPTD Labkesda, Tim Keamanan Pangan Puskesmas dan juga Satpol PP.

Pelaksanaan Operasi Pasar tahun ini dilaksanakan mulai tanggal 13 April 2022 sampai dengan  27 April 2022, dengan sasaran Pasar dan Toko Ritel Pangan. Beberapa lokasi yang dilakukan pengawasan antara lain Pasar Induk Wonosobo, Pasar Kembaran Kalikajar, Pasar Sapuran, Pasar Kertek, Pasar Kepil, Pasar kejajar, Pasar kaliwiro, Pasar Selomerto, Pasar Ngalian Wadaslintang, Pasar Garung dan pasar Kalibawang.

Dari Rekap Hasil Operasi Pasar untuk pengujian Bahan berbahaya dari 188 sampel produk makanan minuman yang diuji, terdapat hasil positif Formalin sebanyak 14 sampel, methanyl yellow sebanyak 1 sampel, Rhodamin B sebanyak 4 sampel dan Boraks sebanyak 5 sampel.
Sedangkan untuk Pengawasan di Ritel Pangan ditemukan sebanyak 3827 produk pangan terkemas yg tidak aman dengan rincian sebagai berikut : 3114 produk kadaluwarsa, 306 produk dengan kemasan rusak, 87 produk rusak/berjamur/tidak layak konsumsi dan 320 produk makanan minuman dengan label pangan yang tidak memenuhi ketentuan.

Berdasarkan hasil pengawasan di atas, masyarakat dihimbau agar cermat dan teliti sebelum membeli makanan maupun minuman terkemas. Selalu ingat Cek KLIK, yaitu :
K : Kemasan, Pastikan Kemasan dalam kondisi baik
L : Label, Baca Informasi Label dengan seksama
I : Izin Edar, Pastikan memiliki izin edar BPOM RI MD/ML/ P-IRT
K : Kedaluwarsa, Pastikan belum melewati tanggal kedaluwarsa yang tercantum pada kemasan

Yuk lebih cermat dan teliti dalam membeli makanan dan minuman agar terhindar dari pangan terkemas yang tidak aman ya, Sob.

Salam Sehat!

KOMENTAR

Daftar Komentar

Pengumuman

Pengumuman

Ini adalah website resmi Dinas Kesehatan Kabupaten Wonosobo 

Statistik Pengunjung

Kami mengatakan tidak untuk

  • Korupsi
  • Pungli

Kontak Kami

Jl. T.Jogonegoro 2-4, Jaraksari, Kec. Wonosobo, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah 56311
Phone: (0286) 321033
Email: dinkes@wonosobokab.go.id
Website: https://dinkes.wonosobokab.go.id

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: rewind() expects parameter 1 to be resource, boolean given

Filename: drivers/Session_files_driver.php

Line Number: 188

Backtrace:

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: filesize(): stat failed for /var/lib/php/sessions/ci_session548a7d9c757e8f29cc453a6988b08f31cfbe6945

Filename: drivers/Session_files_driver.php

Line Number: 192

Backtrace: