Lomba Senam CERDIK Tingkat Kabupaten Wonosobo

WONOSOBO - Pada hari Rabu tanggal 24 April 2019, bertempat di Gedung KORPRI, Dinas Kesehatan Kabupaten Wonosobo menyelenggarakan Lomba Senam CERDIK yang dimotori oleh Seksi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat. Kegiatan ini bertujuan untuk mensosialisasikan slogan CERDIK melalui media senam sebagai bentuk aktifitas fisik. Peserta lomba terdiri dari 24 tim yang merupakan pewakilan dari masing masing puskesmas se – Kabupaten Wonosobo. Salah satu kampanye Gerakan Masyarakat Hidup Sehat atau GERMAS yang dicanangkan oleh Menteri Kesehatan adalah dengan melakukan kegiatan Senam Cerdik. Senam Cerdik merupakan senam sederhana yang dapat dilakukan siapa saja. CERDIK sendiri memilki makna sebagai berikut : C : Cek kesehatan rutin, E : Enyahkan  rokok, R : Rajin aktifitas, D : Diet seimbang, I : Istirahat cukup, K : Kelola stres.

Sambutan oleh Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Wonosobo dr. Mohammad Riyatno, M.Kes sekaligus membuka acara. Beliau menyampaikan bahwa GERMAS merupakan gerakan bersama yang memiliki beberapa tujuan mulai dari menurunkan beban penyakit menular dan peyakit tidak menular, baik kesakitan, kematian maupun kecacatan, menghindari penurunan produktivitas, menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan untuk itu masyarakat harus menerapkan pola hidup sehat untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan

Acara dimulai pukul 09.00 dibuka dengan nomor undi satu yaitu puskesmas Kepil 1. Semua tim menunjukkan aksi terbaiknya dengan waktu tampil maksimal 5 menit untuk setiap tim. Juri terdiri dari Kepala Seksi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat, Kepala Seksi Pencegahan Penyakit Menular  serta 2 orang pelatih senam. Kriteria penilaian yaitu koreografi, kreatifitas, kekompakan, properti dan pesan yang disampaikan.

Hasil akhir Lomba CERDIK terpilih enam juara yakni Puskesmas Wonosobo 1 sebagai juara I, Puskesmas Kaliwiro sebagai juara II dan Puskesmas Garung sebagai juara III. Sedangkan juara harapan 1 – 3 diraih Puskesmas Kertek 2, Puskesmas Mojotengah, dan Puskesmas Selomerto 2.

Pengumuman

Pengumuman

Ini adalah website resmi Dinas Kesehatan Kabupaten Wonosobo 

Statistik Pengunjung

Kami mengatakan tidak untuk

  • Korupsi
  • Pungli

Kontak Kami

Jl. T.Jogonegoro 2-4, Jaraksari, Kec. Wonosobo, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah 56311
Phone: (0286) 321033
Email: dinkes@wonosobokab.go.id
Website: https://dinkes.wonosobokab.go.id