Pencanangan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun di Kabupaten Wonosobo

Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia (HCTPS) adalah sebuah kampanye global yang dicanangkan oleh PBB yang bekerjasama dengan organisasi-organisasi lainnya baik pihak pemerintah maupun swasta untuk menggalakan perilaku mencuci tangan dengan sabun oleh masyarakat sebagai upaya menurunkan tingkat kematian balita dan pencegahan terhadap penyakit yang dapat berdampak pada penurunan kualitas hidup manusia.

Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia (HCTPS) diharapkan dapat memperbaiki praktik-praktik kesehatan pada umumnya dan perilaku sehat pada khususnya. PBB telah mencanangkan tanggal 15 Oktober sebagai Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia (HCTPS). Ada 20 negara di dunia yang akan berpatisipasi aktif dalam hal ini, salah satu diantaranya adalah Indonesia.

Kabupaten Wonosobo melaksanakan Pencanangan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia (HCTPS) di lakukan di SDN Tawangsari Wonosobo. Acara ini dihadiri oleh muspika, lintas sektor terkait, dharma wanita, kepala keluruhan, TP PKK.

Acara dimulai dengan upacara yang dipimpin oleh Asisten Pemerintahan Sekretaris Daerah Bapak Drs. Muhamad Aziz Wijaya,M.Si, dilanjutkan dengan penyuluhan kesehatan oleh dr.Viostin dan selanjutnya adalah Sosialisasi Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) dengan gerak dan lagu yang dilakukan oleh siswa SDN Tawangsari. Pelepasan Balon oleh Bu Bupati sebagai pertanda bahwa Pencanangan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun di Kabupaten Wonosobo.

Mencuci tangan dengan sabun adalah salah satu tindakan sanitasi dengan membersihkan tangan dan jari jemari menggunakan air dan sabun oleh manusia untuk menjadi bersih dan memutuskan mata rantai kuman. Mencuci tangan dengan sabun dikenal juga sebagai salah satu upaya pencegahan penyakit. Hal ini dilakukan karena tangan seringkali menjadi agen yang membawa kuman dan menyebabkan pathogen berpindah dari satu orang ke orang yang lain, baik dengan kontak langsung maupun kontak tidak langsung (menggunakan permukaan lain seperti handuk dan gelas).

Perilaku kecil seperti mencuci tangan dengan sabun berdampak besar mengurangi angka kematian yang terkait dengan penyakit diare, hingga hampir 50 persen. Cuci tangan pakai sabun (CTPS)merupakan cara mudah dan tidak perlu biaya mahal. Perilaku sederhana ini bisa melindungi anak-anak dari penyakit seperti diare dan saluran pernapasan. Membiasakan CTPS sama dengan mengajarkan anak-anak dan seluruh keluarga hidup sehat sejak dini.

Cuci pakai sabun penting dilakukan, khususnya: Sebelum menyiapkan makanan dan sebelum makan, sebelum menyuapi anak, sesudah buang air besar dan kecil, setelah menceboki bayi, setelah bersin, batuk, membuang ingus, setelah pulang dari bepergian serta sehabis bermain/memberi makan/memegang hewan peliharaan.

 

Pengumuman

Pengumuman

Ini adalah website resmi Dinas Kesehatan Kabupaten Wonosobo 

Statistik Pengunjung

Kami mengatakan tidak untuk

  • Korupsi
  • Pungli

Kontak Kami

Jl. T.Jogonegoro 2-4, Jaraksari, Kec. Wonosobo, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah 56311
Phone: (0286) 321033
Email: dinkes@wonosobokab.go.id
Website: https://dinkes.wonosobokab.go.id