KAMPANYE GERAKAN MASYARAKAT HIDUP SEHAT (GERMAS) KECAMATAN GARUNG TAHUN 2019

Pembangunan Manusia yang berbasis kesehatan pada hakikatnya adalah upaya yang dilaksanakan oleh semua komponen masyarakat, yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran. Kemakmuran, dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya. Secara luas, Indonesia saat ini mengalami transisi epidimologi yang ditandai dengan meningkatnya kematian dan kesakitan akibat Penyakit Tidak Menular (PTM) seperti stroke, jantung, diabetes, dan lain-lain.

Meningkatnya kasus PTM akan menambah biaya beban  pemerintah karena penanganannya membutuhkan biaya yang besar. Selain itu, kasus PTM  juga menyebabkan hilangnya potensi/modal sumber daya manusia dan menurunnya produktivitas (productivity loss) yang pada akhirnya akan mempengaruhi pembangunan social dan ekonomi. Upaya promotif dan preventif yang efektif sangat diperlukan saat ini. Mengingat pencegahan penyakit sangat bergantung pada perilaku individu yang didukung oleh kualitas lingkungan, sarana dan prasarana, serta dukungan regulasi yang pro terhadap pola hidup sehat.

Berangkat dari hal tersebut, kami mengajak partisipasi dan kontribusi masyarakat Kecamatan Garung untuk ikut berperan aktif membuat suatu gerakan dan terobosan penanggulangan PTM yang dikemas dalam “KAMPANYE GERAKAN MASYARAKAT HIDUP SEHAT (GERMAS) KECAMATAN GARUNG TAHUN 2019” 

 Kegiatan “ KAMPANYE GERAKAN MASYARAKAT HIDUP SEHAT (GERMAS) KECAMATAN GARUNG TAHUN 2019 ”, merupakan realisasi program kerja sekaligus kolaborasi antara Puskesmas Garung dan Kecamatan Garung  sebagai salah satu bentuk gerakan dalam upaya peningkatan derajat kesehatan dan kualitas hidup masyarakat Garung. 

Kegiatan Kampanye Germas Kecamatan Garung  Tahun 2019 dilaksanakan pada tanggal 12 November 2019 mulai Pukul 06.00 WIB s.d. 15.00 WIB berlokasi di halaman Taman Garung Keren Kecamatan Garung Kabupaten Wonosobo.

Tujuan dari kegiatan Kampanye Germas ini adalah

  • Untuk mewujudkan masyarakat Garung yang sehat, bugar dan produktif;
  •  Sebagai bentuk realisasi dan kolaborasi kegiatan Puskesmas dan Kecamatan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Garung,
  • Sebagai bentuk tindak lanjut dari Instruksi Presiden terkait Gerakan Masyarakat Hidup Sehat;
  • Menurunkan beban penyakit menular dan penyakit tidak menular, baik kematian maupun kecacatan;
  • Menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan karena meningkatnya penyakit dan pengeluaran kesehatan;
  • Meningkatkan kerjasama multisektor, keseimbangan masyarakat, keluarga, individu dan pemberdayaan masyarakat, serta;
  • Meningkatkan produktivitas penduduk.

 

Kegiatan Kampanye Germas Kecamatan Garung Tahun 2019 diantaranya diikuti oleh Bupati Wonosobo, Dinas Kesehatan Kab. Wonosobo, Lintas sektoral Kec. Garung meliputi Kecamatan dan Kepala Dinas tiap Instansi serta Mitra, warga masyarakat Kecamatan Garung baik tokoh masyarakat maupun warganya, anak sekolah, organisasi masyarakat

Dalam kampanye sekaligus deklarasi kali ini ada 4 komitmen yang disepakati bersama dan di tandatangani oleh seluruh peserta dan tamu undangan yang hadir serta di dikukuhkan oleh kepala dinas kesehatan kab.wonosobo Bpk.Junaedi,SKM.M.Kes

4 komitmen tersebut adalah :

1. Masyarakat kec.garung siap ODF 2020

2. Masyarakat kecamatan garung siap berperilaku hidup bersih dan sehat

3. Masyarakat kecamatan garung siap mendukung ketertiban KTR

4. Masyarakat kecamatan garung siap melaksanakan GERMAS

Pengumuman

Pengumuman

Ini adalah website resmi Dinas Kesehatan Kabupaten Wonosobo 

Statistik Pengunjung

Kami mengatakan tidak untuk

  • Korupsi
  • Pungli

Kontak Kami

Jl. T.Jogonegoro 2-4, Jaraksari, Kec. Wonosobo, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah 56311
Phone: (0286) 321033
Email: dinkes@wonosobokab.go.id
Website: https://dinkes.wonosobokab.go.id