Pembinaan Poskestren

WONOSOBO-Pemberdayaan masyarakat di pondok pesantren merupakan upaya fasilitasi agar mengenal masalah kesehatan yang dihadapi, merencanakan dan melakukan upaya pemecahan masalah dengan memanfaatkan potensi setempat sesuai situasi, kondisi dan kebutuhan setempat. Upaya fasilitasi tersebut diharapkan pula dapat mengembangkan kemampuan warga pondok pesantren untuk menjadi perintis atau pelaku dan pemimpin yang dapat menggerakkan masyarakat dan menumbuhkembangkan upaya kesehatan bersumber daya masyarakat (UKBM), berdasarkan azas kemandirian dan kebersamaan. Wujud pemberdayaan masyarakat di bidang kesehatan di pondok pesantren adalah Pos Kesehatan Pesantren (POSKESTREN)

Kegiatan yang dilakukan dalam pengelolaan POSKESTREN lebih diutamakan dalam hal pelayanan promotif (peningkatan kesehatan) dan preventif (pencegahan), tanpa mengabaikan aspek kuratif (pengobatan) dan rehabilitatif (pemulihan kesehatan), yang dilandasi dengan semangat gotong royong dengan pembimbingan oleh puskesmas setempat. Dalam rangka mewujudkan POSKESTREN perlu diselenggarakan pelatihan kader oleh petugas puskesmas sebagai fasilitator.

 

Dinas Kesehatan Kabupaten Wonosobo mempunyai kegiatan tahunan dalam peningkatan pemberdayaan masyarakat salah satunya di pondok pesantren. Pada tahun 2019 ini, Dinas Kesehatan Kabupaten Wonosobo membina 10 pondok pesantren, diantaranya adalah Ponpos Al Tauhid, Prigi Sapuran, Ponpes An Nawawi Gadingrejo Kepil,Ponpes Al Iman Tanjunganom Kepil, Ponpes Fathul Muin Bumirejo Mojotengah, Ponpes Al Ikhlas Rojoimo, Ponpes Sirojus Syuhada Tambi Kejajar, Ponpes Murtasyidin Dadapan Garung, Ponpes Darusholihin Kaliasem Watumalang, Ponpes Al Asyariyah Wonorejo Selomerto, Ponpes Rhoudhotul Solihin Ngalian Wadaslintang. Selain dilatih dan dibentuk kader poskestren, pondok pesantren bersangkutan juga mendapatkan stimulan untuk kelanjutan kegiatan poskestren.

Keberlanjutan kegiatan dan pembinaan poskestren ini akan ditindaklanjuti oleh masing-masing puskesmas. Kader poskestren diharapkan dapat melaksanakan deteksini dini dan survey mawas diri di masing-masing pondok, serta meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat di kalangan santri. Santri bias, hidup sehat dimulai dari saya!

 

Pengumuman

Pengumuman

Ini adalah website resmi Dinas Kesehatan Kabupaten Wonosobo 

Statistik Pengunjung

Kami mengatakan tidak untuk

  • Korupsi
  • Pungli

Kontak Kami

Jl. T.Jogonegoro 2-4, Jaraksari, Kec. Wonosobo, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah 56311
Phone: (0286) 321033
Email: dinkes@wonosobokab.go.id
Website: https://dinkes.wonosobokab.go.id