Kesiapsiagaan Menghadapi Wabah Coronavirus DISEASE 2019 (COVID-19) Dan Antisipasinya Di Kabupaten Wonosobo

Dengan semakin meluasnya negara yang mengkofirmasi positif covid-19 (corona virus disease) hal ini menimbulkan ke khawatiran terhadap masyarakat luas. Untuk itu pemerintah kab. Wonosobo melalui bagian kesra dan Dinas Kesehatan mengadakan rapat koordinasi lintas sektor kesiapsiagaan pencegahan infeksi virus. Rapat tersebut mengundang steak holder di lingkungan kabupaten Wonosobo serta pimpinan Rumah sakit, Camat, pimpinan Klinik dan kepala puskesmas sekabupaten wonosobo. Rapat di pimpin oleh  Asisten pemerintahan bapak M Azis Wijaya Msi. Paparan kesiapsiagaan dan kondisi penyebaran virus  di sampaikan oleh Doktor Jaelan, SKp.,M.Kes. kepala bidang P2P  pada Dinas Kesehatan Kabupaten Wonosobo.

Seputar Novel Coronavirus 2019  https://www.who.int/emergencies/diseases/novel-coronavirus-2019

Coronavirus (CoV) adalah keluarga besar virus yang menyebabkan penyakit saluran pernafasan dan saluran pencernaan, mulai dari gejala ringan (flu biasa, pneumonia) sampai berat. Novel Coronavirus 2019 (2019-nCoV) merupakan Virus Corona jenis baru yang belum pernah teridentifikasi pada manusia.

Gejala sindrom muncul 2 - 14 hari setelah paparan yaitu ditandai dengan gejala gangguan pernapasan akut seperti demam, batuk dan sesak napas. Pada kasus yang berat dapat menyebabkan pneumonia, sindrom pernapasan akut, gagal ginjal, dan kematian.

Sampai saat ini belum ada pengobatan spesifik anti-2019-nCoV dan belum ada vaksin, akan tetapi obat dan vaksin sedang dikembangkan.

Pencegahan penularan dapat dilakukan dengan menutup mulut dan hidung, menghindari kontak langsung dengan penderita, mengenakan masker serta cuci tangan dengan sabun.Jika merasa demam, batuk, atau sesak nafas segera ke layanan kesehatan dan menceritakan riwayat perjalanan.

Materi lengkap dapat di download pada link di bawah.

 

Pengumuman

Pengumuman

Ini adalah website resmi Dinas Kesehatan Kabupaten Wonosobo 

Statistik Pengunjung

Kami mengatakan tidak untuk

  • Korupsi
  • Pungli

Kontak Kami

Jl. T.Jogonegoro 2-4, Jaraksari, Kec. Wonosobo, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah 56311
Phone: (0286) 321033
Email: dinkes@wonosobokab.go.id
Website: https://dinkes.wonosobokab.go.id