Dinas Kesehatan mengadakan Jambore FKD Siaga Aktif, Ini Tujuannya

WONOSOBO – Pada tanggal 12 November 2019 bertempat di Agrowisata Tambi Kejajar, Dinas Kesehatan Kabupaten Wonosobo mengadakan Jambore FKD Siaga Aktif tingkat Kabupaten. Tujuan dari kegiatan ini adalah mengetahui kualitas anggota FKD Desa Siaga Aktif terutama pengetahuan tentang kesehatan. Jambore diikuti oleh 24 tim yang terdiri dari 3 orang anggota FKD Desa Siaga Aktif yang merupakan perwakilan dari puskesmas se – Kabupaten Wonosobo. Jambore di awali dengan senam bersama dipandu oleh istruktur senam, dilanjutkan dengan capacity building oleh Tim dari Agrowisata Tambi. Acara dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan, Junaedi, SKM, M.Kes. Beliau menyampaikan bahwa anggota FKD harus selalu terlibat dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) agar dana untuk kesehatan sesuai kebutuhan kesehatan di desa tersebut. Dalam pelaksanaannya anggota FKD juga harus selalu memantau penggunaan dana desa tersebut agar sesuai dengan perencanaan dan tepat sasaran sehingga tujuan awal dari dibentuknya desa siaga dapat tercapai yaitu terwujudnya masyarakat yang sehat, peduli dan tanggap terhadap permasalahan kesehatan di wilayahnya.

Kegiatan inti pada jambore FKD yaitu Lomba Cerdas Cermat (LCC) yang diikuti 24 tim se – Kabupaten Wonosobo. Tim juri terdiri dari Dinas Kesehatan, Dinas Lingkungan Hidup, BAPPEDA dan TP PKK Kabupaten. LCC terdiri dari 2 babak, babak pertama yaitu babak penyisihan. Juri membacakan 30 soal pilihan ganda pada babak tersebut, 3 tim yang mendapat nilai tertinggi berhak maju ke babak final yang terdiri dari soal wajib, lemparan dan rebutan masing masing 10 soal.

 Keluar sebagai pemenang yaitu juara 1 tim dari Puskesmas Selomerto 2, puskesmas Sukharjo 2 sebagai juara 2 dan juara 3 diraih oleh tim dari Puskesmas  Wadaslintang 2. Pemenang mendapatkan piagam, tropi dan uang pembinaan.

KOMENTAR

Daftar Komentar

Pengumuman

Pengumuman

Ini adalah website resmi Dinas Kesehatan Kabupaten Wonosobo 

Statistik Pengunjung

Kami mengatakan tidak untuk

  • Korupsi
  • Pungli

Kontak Kami

Jl. T.Jogonegoro 2-4, Jaraksari, Kec. Wonosobo, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah 56311
Phone: (0286) 321033
Email: dinkes@wonosobokab.go.id
Website: https://dinkes.wonosobokab.go.id