Kampanye Wonosobo Bebas Stunting dalam Karnaval Tematik 2019

WONOSOBO – Dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke 74, Pemerintah Kabupaten Wonosobo menyelenggarakan Karnaval Tematik 2019 yang di ikuti oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se-Kabupaten Wonosobo, BUMN/ BUMD/ perusahaan, sekolah (SMP-SMA/ sederajat) dan komunitas/ organisasi yang mendaftarkan kepesertaannya melalu Dinas Komunikasi dan Informatika sebagai Ketua Penyelenggara.  

Dinas Kesehatan Kabupaten Wonosobo sebagai salah satu peserta Karnaval Tematik mengangkat tema Ayem Tentrem Urip Bareng Menuju Wonosobo Bebas Stunting. Kabupaten Wonosobo merupakan daerah yang masuk dalam 100 kabupaten/ kota prioritas stunting. Berbagai penanganan stunting telah dilakukan oleh pemerintah daerah yang bekerjasama dengan lintas sektor dan masyarakat. Tim Percepatan dan Penurunan Stunting tingkat Kabupaten Wonosobo telah dibentuk pada tahun 2019.  

Pada kesempatan ini Dinas Kesehatan Kabupaten Wonosobo menampilkan mobil hias dengan tema stunting dan germas. Digambarkan dengan anak yang mengalami stunting memiliki tinggi badan lebih pendek dari anak normal. Stunting merupakan masalah gizi kronis dalam jangka waktu yang lama dan mengakibatkan gagal tumbuh, gagal kembang dan gangguan metabolisme. Anak yang menderita stunting akan lebih rentan terhadap penyakit dan ketika dewasa beresiko mengidap penyakit degeneratif. Dampak stunting tidak hanya pada segi kesehatan tetapi juga mempengaruhi tingkat kecerdasan anak.

Anak merupakan aset bangsa di masa depan, bisa dibayangkan bagaimana kondisi sumber daya manusia Indonesia di masa yang akan datang jika saat ini banyak anak Indonesia yang menderita stunting. Dapat dipastikan bangsa ini tidak akan mampu untuk bersaing dengan bangsa lain dalam menghadapi tantangan global. 

Selain mobil dan motor hias, Dinas Kesehatan juga menampilan performance di depan tamu undangan. Penampilan dilakukan oleh Anggota Saka Bakti Husada Kabupaten Wonosobo yang menampilkan tari kreasi germas dan stunting.

Penanggulangan stunting menjadi tanggungjawab kita bersama, tidak hanya pemerintah tetapi juga keluarga Indonesia. Karena stunting dalam jangka panjang berdampak buruk tidak hanya terhadap tumbuh kembang anak tetapi juga terhadap perkembangan emosi yang berakibat pada kerugian ekonomi. Mulai dari pemenuhan gizi yang baik selama 1000 hari pertama kehidupan anak hingga menjaga lingkungan agar tetap bersih dan sehat. STOP generasi balita pendek di Indonesia. CEGAH STUNTING ITU PENTING.

Pengumuman

Pengumuman

Ini adalah website resmi Dinas Kesehatan Kabupaten Wonosobo 

Statistik Pengunjung

Kami mengatakan tidak untuk

  • Korupsi
  • Pungli

Kontak Kami

Jl. T.Jogonegoro 2-4, Jaraksari, Kec. Wonosobo, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah 56311
Phone: (0286) 321033
Email: dinkes@wonosobokab.go.id
Website: https://dinkes.wonosobokab.go.id